Senin, 30 September 2013

Apakah Ikan Perlu Minum Air??

Mungkin pertanyaan di atas tersebut sering terngiang di dalam pikiran kita. Sebenarnya ikan itu perlu minum air ngak ya?? Mari kita simak disini.
Hmmâ?¦. Jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan di atas adalah â??Sebagian ya sebagian tidakâ??. Mengapa begitu??
Perlu tidaknya ikan minum air atau tidak berkaitan erat dengan lingkungan hidupnya, apakah ikan tersebut hidup di air tawar atau air asin. Perbedaan kadar konsentrasi mineral garam terhadap jaringan ikan dimana dia berenang sangat berpengaruh terhadap hal ini.
Melalui prinsip osmosis, aliran air akan melalui insang dan kulit ikan dari konsentrasi kadar garam yang tinggi ke kadar garam yang lebih rendah. â??Karena ikan harus selalu menjaga atau memelihara kadar garam yang berbeda-beda di lingkungan hidup mereka, maka mereka akan selalu â??bertempurâ?? dengan kondisi osmosis iniâ?? tukas Ray Owczarzak, asisten kurator perikanan di National Aquarium di Baltimore.
Tubuh dari ikan yang hidup di perairan air asin biasanya memiliki kadar garam yang lebih rendah dibandingkan dengan kadar garam di sekitar lingkungan hidup mereka. Oleh sebab itu, ikan yang hidup di perairan air asin harus selalau minum air untuk meregulasi atau mengatur kondisi tubuh mereka agar sesuai dengan kondisi lingkungan mereka hidup. Di lain pihak, ikan yang hidup di perairan air tawar tidak perlu mengkonsumsi air di sekitar mereka, karena tubuh mereka memiliki kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan dengan lingkungan sekitar tempat mereka hidup sehingga dengan otomatis dan konstan, air akan selalu terserap ke dalam insang dan kulit mereka.
Nah, sudah tahu kan apakah ikan perlu minum air atau tidak???
Namun untuk pengecualian, ada beberapa ikan primitif yang tidak perlu minum air dikarenakan mereka memiliki level kadar garam yang sama dengan lingkungan hidup mereka.
Semoga bermanfaat!!
Happy readingâ?¦!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar